Kelas VI,
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
|
|
1. Memahami hubungan antara
ciri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya
|
1.1 Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan
(kelelawar, cicak, bebek) dan
lingkungan hidupnya
1.2 Mendeskripsikan hubungan
antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan
lingkungan hidupnya
|
2. Memahami cara perkembangbiakan makhluk
hidup
|
2.1 Mendeskripsikan perkembangan dan pertumbuhan manusia dari
bayi sampai lanjut usia
2.2 Mendeskripsikan ciri-ciri
perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
2.3 Mengidentifikasi cara
perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
2.4 Mengidentifikasi cara
perkembangbiakan manusia
|
3. Memahami pengaruh kegiatan manusia terhadap
keseimbangan lingkungan
|
3.1 Mengidentifikasi
kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)
3.2 Mengidentifikasi
bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidakseimbangan lingkungan
3.3 Mengidentifikasi
bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada
ketidakseimbangan lingkungan
|
4. Memahami pentingnya pelestarian jenis
makhluk hidup untuk mencegah kepunahan
|
4.1 Mengidentifikasi jenis hewan dan
tumbuhan yang mendekati kepunahan
4.2 Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan
Alam dan kehidupan masyarakat
|
Benda dan Sifatnya
5.
Memahami saling hubungan antara suhu,
sifat hantaran dan kegunaan benda
|
5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
5.2 Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan
sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas
|
6. Memahami faktor penyebab perubahan benda
|
6.1 Menjelaskan
faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan,
pembusukan) melalui pengamatan
6.2 Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan
pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik)
dalam kehidupan sehari-hari
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
|
Kelas
VI, Semester 2
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Energi dan Perubahannya
|
|
7. Mempraktikkan pola penggunaan dan perpindahan energi
|
7.1 Melakukan percobaan untuk menyelidiki
hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor
sederhana energi pegas)
7.2 Menyajikan informasi tentang perpindahan
dan perubahan energi listrik
|
8. Memahami pentingnya penghematan
energi
|
8.1 Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi
dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
8.2 Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi
listrik (bel listrik/alarm/model lampu lalu lintas/ kapal terbang/mobil-mobilan/model
penerangan rumah)
|
Bumi dan Alam Semesta
|
|
9. Memahami matahari sebagai pusat tata surya
dan interaksi bumi dalam tata surya
|
9.1 Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata
surya
9.2
Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan
9.3
Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
9.4 Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender
Hijriah
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ), Rasa
hormat dan perhatian ( respect ), Tekun ( diligence ) , Tanggung jawab (responsibility ) Dan Ketelitian ( carefulness)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar